Something’s missing in Ramadhan this year

Tak terasa Ramadhan sebentar lagi akan meninggalkan kita. Ada yang tak biasa di Ramadhan tahun ini karena tahun ini merupakan tahun pertama saya menjalankan ibadah puasa di Thailand sampe lebaran nanti. Tahun ini saya mengurungkan niat untuk mudik ke Indonesia karena harus proposal defense dan beberapa alasan lainnya. Meskipun sudah memasuki tahun ketiga menjadi anak rantau di Thailand, tapi tahun-tahun sebelumnya saya masih sempat mudik, menikmati sahur dan berbuka puasa bersama keluarga dan teman-teman, tarawih di masjid dekat rumah dengan bacaan Qur’an yang syahdu khas imam masjid Baiturrahman-Villa Bintaro Indah.

Baper“, sebuah istilah anak-anak masa kini yang mungkin tepat untuk menggambarkan perasaan saya saat ini. Tapi semoga bapernya ga merugikan orang lain yaa.. hehe. Beruntunglah temen-temen semua yang bisa berkumpul dengan keluarga, bercanda-tawa dengan adik-kakak, bikin kue bareng mama, oh I miss those moments. Sampaikan salam saya kepada keluarga temen-temen yaa klo temen-temen pada mudik.. Dulu saya bukan tipe orang yang banyak menghabiskan waktu dengan keluarga. Senin-Sabtu kerja, hari Minggu  saya main sama teman atau istirahat di rumah. Kadang orang tua saya sampai meminta waktu anak-anaknya untuk bisa jalan bareng keluarga setidaknya sebulan sekali. Setelah saya tinggal jauh dari rumah, di saat itulah saya merindukan semua momen bersama keluarga. Saya menyadari bahwa orangtua saya semakin tua, namun saya belum dapat membahagiakan mereka. Semoga Allah selalu melindungi mama, papa, dan semua keluarga di rumah. Semoga kita juga masih bisa berjumpa dengan Ramadhan tahun depan jadi kita bisa buka puasa bareng lagi ya, terus kita i’tikaf di masjid At-Ta’awun lagi. Semoga Junda juga cepet selesai sekolahnya, biar bisa ajak mama papa jalan-jalan ya..kita spend time bareng nanti, makan ikan bakar di pinggir laut lagi, atau kita ke air terjun lagi di Bogor.

Something’s missing in Ramadhan this year. What’s missing? I miss my family.

 

IMG-20160629-WA0002

28 Juni 2016

 

One thought on “Something’s missing in Ramadhan this year

Leave a Reply

