Mie Ayam Jamur

mie-ayam-jamur-a-la-jundaLiburan semester inisaya ga pulang ke Indo, jadi kangen banget sama orang-orang di rumah dan pastinya makanan khas Indonesia. Salah satu makanan favorit saya adalah mie ayam, apalagi mie ayam jamur di kolam renang BSD sektor 1. Itu enak banget sii,, apalagi dimakannya sore-sore abis renang, jadi dobel nikmatnya. hehe. Oia balik lagi ceritanya, berhubung bahannya mudah didapat dan cara masaknya juga gampang, jadi saya coba bikin mie ayam jamur di dorm saya.

>> Bahan:

50 gr mie telur (saya pakai yang instan, tersedia di supermarket)

50 gr ayam fillet, potong dadu kecil

10 gr jamur kancing, potong dadu

3 siung bawah putih, cincang halus

1 sdm saus tiram

1 sdm kecap manis

minyak goreng

garam, secukupnya

merica, secukupnya

50 ml air putih

>> Cara memasak:

  • Mie telur
  1. Masukkan mie telur ke dalam air mendidih selama 1-2 menit, aduk-aduk agar mie tidak nempel satu sama lain. Jangan terlalu lama merebus mie untuk mencegah overcooked.
  2. Tiriskan mie kemudian tambahkan sedikit (a pinch of) garam dan merica, serta 0.5 sdt minyak goreng/olive oil. Aduk hingga rata.
  • Ayam tumis
  1. Panaskan 3 sdm minyak untuk menumis, lalu tumis bawang putih hingga harum.
  2. Masukkan potongan ayam fillet, jamur, kecap manis, saus tiram, garam, dan merica, aduk-aduk hingga rata.
  3. Masukkan air, aduk rata, masak dengan api sedang hingga kuah mengental.
  4. Sajikan dengan mie yang telah direbus dan pelengkap lainnya seperti sayur sawi, sambal, dan kerupuk pangsit, tapi berhubung anak rantau jadi susah cari kerupuk pangsit. hehe

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s