Taman bunga matahari di Lopburi, Thailand

15391028_10209631999455647_5896646013288308559_n

Hai.. hari ini saya, Imas, mba Puput, dan Kak Hana pergi ke Lopburi. Denger-denger setiap akhir tahun, disana banyak bunga matahari. Jadi pagi ini kami pergi naik kereta jam 7.00 pagi dari stasiun Hua Lamphong, Bangkok. Perjalanannya menghabiskan waktu sekitar 3 jam. Harga tiket kereta api 50 Baht untuk satu kali perjalanan. Keretanya mirip dengan kereta ekonomi jaman dulu, plus ada yang jualan juga di dalam kereta, jadi bisa jajan sepanjang perjalananan. hehe.. Overall, keretanya cukup nyaman kok. Kita sempat berkenalan dengan pasangan suami istri (saya lupa nanya siapa nama bapak/ibu itu. hehe) dari Malaysia dan ngobrol sedikit, ternyata mereka juga mau ke taman bunga matahari.

15492133_10209632005335794_8483930098549590992_n

SONY DSCSetibanya di stasiun LopBuri, kami dan pasangan suami istri dari Malaysia itu sewa mobil pick up untuk berkeliling Lopburi. Biaya untuk sewa mobil yaitu 200 Baht/orang, karena kita berenam, jadi totalnya 1,200 Baht/mobil. Katanya ada bis juga yang bisa mengantar ke taman bunga matahari tapi harus menunggu lama, jadi menyewa mobil menjadi alternatif yang cukup baik untuk menghemat waktu. Selain itu, supir yang mengantar kami sangat ramah dan menawarkan untuk mengunjungi beberapa tempat di sekitar Lopburi, seperti danau, wat (kuil), dan tempat kera. Tempat pertama yang kami kunjungi adalah waduk, tapi saya lupa nama danaunya, hehe. Kami hanya mengambil beberapa foto lalu lanjut ke taman bunga matahari. Perjalanan ke taman bunga matahari dari stasiun Lopburi memakan waktu sekitar 20 menit. Tiket masuk taman bunga matahari adalah 10 Baht, murah yaa.. hehe. Selanjutnya supirnya nganterin kita ke Wat Suwan Khiri Pidok (Wat Khao Takra Tong) yang terletak di gunung. Pemandangan dari atas kuil ini sangat indah. Kita bisa melihat pemandangan sekitar Lopburi dari atas sini.

Waktu sudah menunjukkan jam makan siang daann supirnya juga mengerti bahwa kami muslim, lalu dia menawarkan untuk mampir ke restoran muslim. Saya makan sup ayam dan telur dadar, total  harga 50 baht. Tepat di sebelah restoran muslim, ada masjid (Central Mosque of Lopburi). Kami sholat dzuhur di masjid ini. Setelah itu kami melanjutkan perjalanan balik ke stasiun Lopburi. Di dekat stasiun, terdapat kuil bernama Prang Sam Yod, di kuil ini terdapat banyak monyet berkeliaran di jalan. Kami berhenti sejenak untuk mengambil foto lalu pulaang.

Tips perjalananan ke Lopburi:

1. Jangan lupa sunblock karena panas banget
  2. Lihat jadwal transportasi (kereta/bis)
  3. Lebih baik kalau ajak teman/guide yang bisa bahasa Thai karena agak sulit berkomunikasi saat di sana. heu